Di beberapa negara Asia termasuk di Indonesia, makan dengan menjadikan daun pisang sebagai piring merupakan hal yang normal. Bahkan beberapa orang menyebutkan bahwa makan berpiringkan daun pisang bisa memberikan kenikmatan rasa yang begitu lezat. 

Nyatanya tak hanya lezat, makan menggunakan daun pisang sebagai piring bisa memberikan banyak manfaat sehat. Dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah manfaat sehatnya.

Lebih sehat
Daun pisang yang dikemas dengan senyawa nabati disebut polifenol epigallocatechin gallate atau EGCG yang juga ditemukan dalam teh hijau. Polifenol merupakan antioksidan alami yang memerangi radikal bebas dan mencegah penyakit. Sementara daun pisang tidak mudah dicerna jika dimakan langsung maka makanan menyerap polifenol dari daun, sehingga Anda mendapatkan manfaat nutrisi tersebut.

Selain itu, daun pisang juga memiliki sifat anti-bakteri yang membunuh semua kuman dalam makanan dan mengurangi kemungkinan Anda untuk jatuh sakit.

Membuat makanan terasa lebih enak
Daun pisang memiliki lapisan lilin aman yang memiliki rasa halus namun berbeda. Ketika makanan panas ditempatkan pada daun, lilin mencair dan membuat rasa makanan menjadi lebih enak. 

Ramah lingkungan
Makan dengan piring daun pisang sudah dipastikan lebih ramah lingkungan daripada makan menggunakan piring plastik. Sebab daun pisang sendiri membutuhkan waktu sebentar untuk terurai.

Higienis
Saat Anda menggunakan piring daun pisang, maka Anda tidak perlu membilasnya secara khusus. Anda hanya perlu mengelapnya dengan air sedikit.

Bebas bahan kimia
Karena piring dicuci dengan sabun yang mengandung bahan kimia, tentu meninggalkan residu yang membahayakan. Sementara jika Anda menggunakan alas daun pisang, Anda bebas dari bahan kimia tersebut.

Praktis
Saat Anda menggunakan daun pisang, Anda tidak perlu repot untuk mencucinya. Tentu saja hal tersebut lebih praktis. Daun pisang sendiri juga tahan air berkat lapisan lilin di atasnya.

Itulah keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan makan menggunakan alas daun pisang. Tidak ada salahnya jika Anda mencobanya!
Oke gaes jadi jangan malu malu untuk makan beralaskan daun pisang kan ada manfaatnya :wkwk

4 comments:

  1. sepertinya bikin judulnya terlalu panjang yaa jadinya terpotong di search engine coba baca deh di blog neng untuk memperbaikinyaa

    ReplyDelete
  2. iya po kak emang batasnya berapa kata kata kakak ?

    ReplyDelete
  3. makasih lho udah di follow back :3 :)

    ReplyDelete

 
Top